Baca Berita

DPAD Bintan Terima Pocadi dari Perpusnas, Saatnya Membaca Puluhan Ribu Buku Lewat Hape

Berita

Sumber: suaraserumpun.com/ https://suaraserumpun.com/2021/10/05/dpad-bintan-terima-pocadi-dari-perpusnas-saatnya-membaca-puluhan-ribu-buku-lewat-hape/ 

Bintan, suaraserumpun.com – Pemerintah Kabupaten Bintan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bintan menerima bantuan perangkat Pojok Baca Digital (Pocadi). Kini, sudah saatnya masyarakat umum membaca puluhan ribu buku lewat handphone (hape). Caranya cukup mudah.

Pocadi merupakan perpustakaan dengan format buku digital (e-book). Peralatan atau perangkat Pocadi dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk DPAD Bintan, diletakkan di Kantor Camat Bintan Utara. Pocadi ini diharapkan bisa mendorong peningkatan budaya literasi (membaca) di masyarakat sekitar. Terutama bagi para pemustaka dari kalangan pelajar.

Pocadi yang dihibahkan itu terdiri dari 3 PC Desktop, dan 2 Tablet Android. Perangkat ini bisa digunakan oleh pemustaka untuk mengakses Digital Book (e-book).

Staf DPAD Kabupaten Bintan mengecek perangkat pocadi bantuan Perpustakaan Nasional di Kantor Camat Bintan Utara, Senin (4/10/2021). F- nurul atia/suaraserumpun.com

“Nah, untuk mengakses Digital Book tersebut, pemustaka harus menggunakan apliasi iPusnas,” sebut Edi Pribadi, Kepala DPAD Kabupaten Bintan, Senin (4/10/2021).

Ipusnas merupakan piranti lunak berbasis sistem elektronika, yang terdiri dari berbagai fitur. Yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisa, menyimpan, menampilkan, mengumumkan, mengirimkan dan/atau menyebarkan informasi elektronik. Melalui aplikasi iPusnas, para pembaca dapat bergabung menjadi anggota e-Pustaka.

Anggota e-Pustakan yang sudah terdaftar, bisa meminjam dan membaca buku secara digital atau lewat hape. Membacanya bisa di mana saja, dan kapan saja. Untuk aplikasinya, dapat diunduh melalui Google Play / AppStore-iPusnas, dan melalui link https://ipusnas.id/.

“Jadi, sekarang ini membaca buku tak hanya dalam bentuk fisik. Tapi, membaca buku itu bisa lewat hape. Caranya, ya mendaftar dulu ke Pocadi tadi. Setelah terdaftar dan mengunduh aplikasi, kita bebas membaca buku lewat hape,” ujar Edi Pribadi.

“Berdasarkan informasi dari Perpusnas, jumlah koleksi e-book (buku digital) di situs iPusnas itu sudah puluhan ribu judul buku. Segera mendaftar ke Pocadi, untuk menjadi anggota pustaka digital ini,” kata Edi Pribadi menambahkan. (nurul atia)

Editor: Sigik RS

Bagikan Postingan Ini:
© . Tim IT Diskominfo Kabupaten Bintan